Senin, 24 April 2017

Training dan Perenungan di Pulau Siba

#Pulau Siba Pulau Untuk Perenungan.
#Tempat merupakan salah satu dimensi training
#Training untuk perenungan
# Lima Dimensi Training.

Punya peserta training yang sering bandel ?( selalu ilang malam hari dan telat datangnya pagi), atau ada hal serius yang harus disampaikan mengenai perusahaan yang di ujung tanduk? Atau perlu pencucian otak  supaya jauh dari  "sesuatu" supaya para peserta training serius kepada  modul dan pengaplikasiannya (cepat menyerap )? Mengapa tidak di sebuah pulau saja......pulau Siba contohnya.
Ketika terjadi hal yang serius mengenai delivery ilmu dan skill yang harus  di trainingkan dan di sampaikan dari jajaran management , team sales training berpikir, ”Bagaimana supaya peserta training bisa serius,  namun masuk ke sukma para peserta dan bagaimana supaya training tidak liar.”Maksud dari liar disini adalah bagaimana supaya peserta training tertib, tidak bergadang malam malam (kalau lokasi trainingnya di pusat kota) atau bisa full mengontrol supaya peserta training tidak kemana-mana . Bahkan bila mempersiapkan adanya coaching dan counseling memang harus ada tempat alam yang representative yang harus mendukung .Mengapa tidah ke pulau Siba saja?



Seperti kita ketahui bahwa tempat merupakan salah satu dimensi training yang akan mendapat penilaian evaluasi dari para peserta di akhir training. Lima paling dasar dari dimensi training yang sering di teliti adalah:

1.      Isi pelatihan, yaitu apakah isi program pelatihan relevan dan sejalan dengan kebutuhan pelatihan, dan pelatihan tersebut up to date.
2.      Metode pelatihan, apakah metode pelatihan yang diberikan sesuai untuk subjek itu dan apakah metode pelatihan tersebut sesuai dengan gaya peserta pelatihan.
3.      Sikap dan keterampilan instruktur, yaitu apakah instruktur mempunyai sikap dan keterampilan yang mendorong orang untuk belajar.
4.      Lama waktu pelatihan, yaitu berapa lama waktu pemberian materi pokok yang harus dipelajari dan seberapa cepat tempo penyampaian materi tersebut.
5.      Fasilitas pelatihan, yaitu apakah tempat penyelenggaraan pelatihan dapat dikendalikan oleh instruktur, apakah relevan dengan jenis pelatihan.






Nah untuk meningkatkan point dimensi training no 5  bisa dipilih Pulau Siba  yang berada 45 menit dari arah kota medan. Bila kita bawa mobil  bisa di tempatkan di di pelabuhan( istilah lain di titipkan). Pemandangan menuju Pulau Siba  tampak kiri -kanan adalah  kanal-kanal ..menuju laut.


Untuk fasilitas training sudah mumpuni semua kecuali wifi yang harus di sediakan ( jadi peserta harus membawa modem masing masing), training di sini bisa berjalan khidmat dan tertib karena peserta training berada di sebuah pulau,  di tengah-tengah sungai/lautan, dengan kata lain pengawasan full  kepeserta training dari pagi sampai malam!



Untuk menu malam untuk mempererat silahturahmi bisa di pesankan ikan bakar ( sepertinya menu favorit di sini) dan bila ada sesi  coaching dan counseling bisa berjalan  sambil  bicara  jujur-jujuran ( karena suasana tenang dan damai) sehingga permasalahan perusahaan bisa lebih clear terpecahan.

Kelemahan training di tempat ini adalah : Harus diperhitungan secara matang mengenai segala macam tetek bengek   dari A sampai Z  , karena bila ada yang sakit atau  pingsan, bila mau ke  rumah sakit atau balai pengobatan harus nyembrang lautan dulu, kecuali bawa team medis tersendiri atau bahkan sewa booking perahu untuk keperluan mendadak  pulang-pergi beli atau menjemput sesuatu…


Dalam sejarahnya memang  pulau Siba selalu menjadi  tempat training,   untuk perusahanan perusahaan, terutama yang berada di medan . Kalau sudah di tempat ini , suka ada ngegelitik hati sendiri!  Mengapa di kepulauan seribu tidak ada pulau khusus untuk  untuk training? Demand pasti banyak karena ribuan perusahaan ada di Jakarta….dan pasti harapan dari user untuk  mengadakan training di sebuah pulau  bila ada tugas dari management yang harus   di deliver dari modul yang santai sampai  “cukup serius”, atau...bisa jadi untuk melaksanakan brainstrorming ketika kondisi  Performa perusahaan lagi rendah atau perlu pencucian otak supaya lebih seger dan mendalami "sesuatu" ( jadi ditunggu di Pulau seribu ada Pulau Training !


Bila ada jurit malam atau renungan malam sangat cocok sekali apalagi malam hari dihiasi obor-obor dari penginapan menuju tempat meeting atau perenungan...


Fasilitas outbond  dan ruang meeting sudah tersedia tinggal di-create saja kebutuhan yang lebih seru dan menantang oleh team sales training.



Suasana ruang tunggu , bisa karoke dan games malam.



Suasana track jogging untuk  kegiatan di pagi harinya…. 


              Salam dari Pulau Siba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar