Rabu, 17 Agustus 2016

Study kasus 2 : Salesman Rajin namun tidak SMART. Apa yang Anda lakukan?



Kasus 4: ( Advance) bagi yang berpengalaman di sales.



Pak Gito adalah Salesman Motoris yang rajin, yang membawa barang berupa produk-produk  baru,  langsung  bawa dari saddle bag dengan  total value isi  sales dari  saddle bag bila dirupiahkan adalah Rp1 juta/hari. 

Saking rajinnya,.ia jadi malah tidak sabaran menggunakan gawai. Bulan ini pak Gito ingin masuk incentive alias bonus bulanan. Parameter incentive untuk produk baru ini adalah : Call untuk memperkenalkan produk baru sesuai dengan jumlah kunjungan hariannya  dan Effective Call sebagai parameter jumlah call yang melakukan transaksi order untuk produk baru tersebut.

Pada hari ini,  Pak Gito pergi  kelapangan jam 8.30 pagi dan pulang jam 5 sore   ( maklum rajin dan bertekad ingin punya bonus/insentive bulanan). Target call  (kunjungan ke toko ), dia adalah 30 toko/hari.  Target Effective call 24/hari, Target Outlet aktif 24/hari  dan Sales 25 Juta/bulan.

Setiap harinya  pak Gito mempunyai keberuntungan yang sama, karena ia ditempatkan di area yang padat penduduk  dan banyak  tokonya. Dalam seharian ia bisa mencapai hasil kunjungan lebih dari 30 toko bahkan ada sampai  40  Toko !! Ya, 40 toko. Toko yang   orderpun tidak kurang dari 25 toko per hari!!

 Karena banyak tokonya , Ia  menjadi tidak sabaran dalam hal  penggunaan gadget.  Ia tidak lagi memakai gadget pada kunjungan toko ke-18, ke-19, ke-20 dan seterusnya. Ia  malah menggunakan nota bisa sampai toko kunjungan yang ke -25.

Sepulang dari lapangan, di  distributor pada jam  4 sore , pak Gito  selalu menyuruh SA  ( sales admin) untuk mengentri (Back  Office) nota yang ke 18, ke-19….dan seterusnya.  Hari kerja bulan ini adalah 26 hari.

Pertanyaan :

1.      1. Terangkan Apa yang terjadi dari report Pak Gito yang di Baca di system !
2.      2.    Apakah ia masuk Incentive (Bonus) untuk Call, Effective Call? Terangkan!

3.    3. Berapakah outlet aktif yang di miliki pak Gito dalam satu bulan saat ini? Yang tercatat di sistem gawai yang terhubung ke komputer sales admin? Dan dapat       bonuskah pak Gito dari hasil Outlet aktif?

4.      Apa yang anda Coaching  kepada pak Gito? Praktekan role play 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar